Sabtu, 10 Oktober 2015

Tulisan 3 - Analisis Mengenai Perkembangan IT pada Pendidikan

      Di era globalisasi yang sarat akan perubahan dan perkembangan telah banyakmempengaruhi sendi-sendi kehidupan masyarakat. Perkembangan yang luar biasa cepatterjadi di berbagai bidang. Bidang-bidang tersebut misalnya sosial, ekonomi, kesehatan, dantak tertinggal adalah bidang pendidikan.
       Teknologi informasi merupakan sebutan lain dari teknologi komputer, yangdikhususkan untuk pengolahan data menjadi informasi yang bermanfaat baik untuk individumaupun untuk kelompok atau organisasi. Organisasi yang begitu banyak jumlahnya diIndonesia dan berbagai bidang juga banyak menerapkan teknologi informasi untukmengefektifkan serta mengefisiensikan kinerja organisasi. Salah satu organisasi yang banyakmemanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi adalah organisasi pendidikan.
        Teknologi informasi mampu memberikan kemudahan pihak pengelola menjalankankegiatannya dan meningkatkan kredibilitas dan akuntabilitas sekolah dimata siswa, orang tuasiswa, dan masyakat umumnya. Penerapan teknologi informasi untuk menunjang proses pendidikan telah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Pemanfaatanteknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bagi manajemen pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan produktivitas  bagi manajemen pendidikan akan ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga pendidikanitu sendiri.
      Penghematan waktu dan kecepatan penyajian informasi akibat penerapan teknologiinformasi tersebut akan memberikan kesempatan kepada guru dan pengurus sekolah untukmeningkatkan kualitas komunikasi dan pembinaan kepada siswa. Dengan demikian siswaakan merasa lebih dimanusiakan dalam upaya mengembangkan kepribadian dan pengetahuannya.

      Salah satu contoh penerapan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan yaitu e-learning

Manfaat dari penerapan teknologi informasi di institusi pendidikan:
  • Penyimpanan dan pengolahan data siswa, staf, keuangan, dan asset sekolah
  • Analisis perkembangan kinerja siswa, guru, dan sekolah dari periode ke periode
  • Pengolahan data menjadi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.
  • Pengelolaan perpustakaan termasuk katalogisasi buku-buku, penelusuran buku, proses peminjaman dan pengembalian buku, status keberadaan buku, dan 
  • penetapan jumlahdendaPenyediaan komunikasi yang berupa instant messaging kepada stakeholder-nyadengan memanfaatkan teknologi internet dan teknologi komunikasi nirkabel.
  • Penyediaan informasi untuk mendukung pelaporan kepada Kantor Dinas Pendidikanyang terkait dengan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Badan Akreditasi Sekolah(BAS)
  • Penyediaan informasi tentang perkembangan studi siswa kepada Guru Wali danOrang Tua.
Kelebihan dan Kekurangan dari penerapan TI di pendidikan : 

Kelebihan :
  • Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  • Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  • Kemajuan Teknologi Informasi juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconferenceyang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  • Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem Teknologi Informasi.
Kekurangan :
  • Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  • Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
Saran dan Solusi dari Kekurangan tersebut :

Saran :       
    Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ekosistem pendidikan nasional yang lebih baik dan mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu. Namun agar mutu pendidikan di Indonseia dapat meningkat secara merata maka harus ada pemerataan pendidikan diantaranya pemerintah dan pihak sekolah harus memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah karena dalam penyelengaraan pendidikan, sarana prasaran sangat di butuhkan untuk menghasilkan KBM yang efektif dan efisien.


Solusi :
  • Menggunakan IT tidak harus bersifat plagiatis karena kita sendiri dapat melakukan sesuatu hal dengan hasil pemikiran sendiri.
  • Menggunakan IT harus dengan teliti agar tidak terjadinya kesalahan atau kecerobohan
Sumber :

http://nurmadiah62.blogspot.co.id/2012/12/permasalahan-pendidikan-tentang-sarana.html

http://nandokejari.blogspot.co.id/

http://swarswaworuntu.blogspot.co.id/2013/03/10-kelebihan-dan-kekurangan-teknologi.html

http://www.academia.edu/5452098/PERKEMBANGAN_TEKNOLOGI_INFORMASI_DALAM_PENDIDIKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar