Dalam
Materi softskill kali ini saya akan menjelaskan pengertian dari suatu organisasi,
manajemen dan tata kerja. Ada baiknya kita mempelajari pengertian-pengertian
dari organisasi, manajemen dan tatakerja.
1. PENGERTIAN ORGANISASI
Istilah organisasi berasal dari kata organon/bahasa
yunani. Yang berarti alat, tools. Desain organisasi (organizational design)
merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk
mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan.
Perkataan “organisasi” sering digunakan dengan
bermacam-macam arti. Perkataan ini dapat menunjukkan suatu kelompok orang
seperti perkumpulan atau tempat penginapan dan dapat menunjukkan pula suatu
perusahaan yang berarti orang-orang dan fasilitas yang membentuk perusahaan
itu.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah
dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber
daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan
lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.
Dalam
hal ini banyak sekali pengertian organisasi menurut pendapat-pendapat para ahli
sebagai berikut :
- Organisasi
Menurut Stoner : Pengertian
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana
orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
- Organisasi
Menurut James D. Mooney : Organisasi
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Organisasi Menurut Chester I. Bernard : Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Organisasi dapat dilihat dengan cara berbeda-beda, yaitu:
- Organisasi dalam arti statis : Melihat organisasi sebagai sesuatu yang tidak bergerak/diam
- Organisasi dalam arti dinamis : Organisasi merupakan organ yang hidup, sselalu bergerak, mengadakan pembagian tugas berdasarkan system dan ruang lingkup.
- Organisasi sebagai system kerja sama : adanya sekelompok orang yang mengadakan kerja sama yang dilandasi oleh kesamaan tujuan.
- Organisasi sebagai system tata hubungan kerja : tata hubungan pribadi, formal, informal, hubugan langsung, tidak langsung, hubungan vertical, horizontal, dan diagonal
- Organisasi sebagai proses pembagian tugas : Suatu proses menetapkan dan mengelompokkan jenis pekerjaan yang diikuti pelimpahan wewenang dan tanggungjawab.
2. MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen dan Organisasi memiliki hubungan, untuk mencapai suatu tujuan maka dibutuhkan kerja team yang sangat erat. Ibaratkan disuatu sekolah yang memiliki organisasi seperti OSIS, suatu organisasi OSIS tersebut saling membagi tugas dalam mencapai suatu tujuan yg sama.
Sudarto S.,Akuntansi Manajemen,Jakarta, Universitas Gunadarma
Seringkali manajemen didefinisikan sebagai “Pencapaian tujuan melalui orang lain”. Hal ini merupakan definisi yang terlalu sederhana tetapi hal ini menunjukkan pada kita beberapa pokok yang pada permulaan perlu diletakkan. Hal ini mengenai “pencapaian tujuan”. Manajemen dalam arti yang sesungguhnya menyangkut pencapaian tujuan atau sasaran dan bukan sekedar merupakan kedudukan dalam suatu usaha.Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Fungsi dan proses manajemen
Proses manajemen adalah serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus menerus dimana manajer terlibat sewaktu mereka merencana, mengorganisasi, mengarahkan, mengkordinasi dan mengawasi.
Fungsi manajemen merupakan perincian dari kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer dalam mengelola perusahaan. Fungsi manajemen menurut GR Jerry yang terdiri dari:
1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (Pengorganisasian)
3. Actuating (Pergerakan)
4. Controlling (Pengawasan)
1. Planning (Perencanaan)
2. Organizing (Pengorganisasian)
3. Actuating (Pergerakan)
4. Controlling (Pengawasan)
Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi menajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan organisasi. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama struktur organisasi yang dianut.
Pentingnya mengenal organisasi adalah semakin ketat persaingan didalam dunia Global ini sangat penting bagi kita untuk mengenal yang namanya organisasi, pada dasarnya organisasi itu ditandai dengan adanya sharing atau yang biasa dibilang salah tukar pikiran demi tercapainya suatu tujuan. Dengan sharing kita dapat mengenal dan memahami tiap individu didalam kelompok sehingga kita dapat menbagi tanggung jawab anggota didalam sebuah organisasi.
3. MANAJEMEN DAN TATA KERJA
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama disatu pihak dengan tujuan di pihak lain.Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan.
Tata Kerja adalah cara untuk melaksanakan pekerjaan yang seefisien mungkin mengenai sesuatu pekerjaan dengan mempertimbangkan tujuan, fasilitas, tenaga kerja, waktu dan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat ,proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara benar.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Hubungan Manajemen dan Tata Kerja
Manajemen dan Tata Kerja merupakan faktor utama dalam tercapai nya target, seperti manajemen yang teroganisir dan tata kerja yang terencana dengan baik akan mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditetapkan,
4. MANAJEMEN, ORGANISASI DAN TATA KERJA
4. MANAJEMEN, ORGANISASI DAN TATA KERJA
Pengertian manajemen adalah proses kegiatan dan pendayagunaan sumber – sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan. Istilah organisasi dapat diartikan sebagai wadah sekelompok manusia untuk saling bekerja sama. Tata kerja merupakan cara untuk melaksanakan kegiatan itu dengan benar dan berhasil sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia guna mencapai tingkat efisiensi yang maksimal.
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Organisasi : Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Pengalaman Organisasi :
Saya sendiri pernah mengikuti suatu organisasi di sekolah saat saya menduduki kelas X. Di SMA saya mengikuti organisasi yang namanya DPS (Dewan Perwakilan Siswa). Sistem kerjanya sama saja seperti OSIS, saya ditempatkan di bagian MESIS (Media Aspirasi Siswa). Dan tujuan DPS tersebut sama seperti tujuan OSIS pada umumnya.
Mengikuti organisasi sangatlah penting bagi kita agar bisa bekerjasama,bertukar pikiran agar didapatkan keputusan-keputusan yang menjadi tujuan dari semua anggota anggotanya. mungki itu saja yang bisa saya ceritakan pengalaman saya saat berorganisasi.
KESIMPULAN :
Berdasarkan tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi sangat membutuhkan kerjasama, banyaknya macam organisasi yang memiliki kriteria berbeda namun pada intinya mereka sama-sama menginginkan tujuannya dapat tercapai secara optimal.
Sumber :
Amrine, Harold T dkk. 1985. Manajemen dan
Organisasi Produksi.Jakarta: Erlangga
Sudarto S.,Akuntansi Manajemen,Jakarta, Universitas Gunadarma
http://imstuff-it.blogspot.co.id/2013/10/teori-organisasi-umum-1-arti-pentingnya.html
http://rizkypratama95.blogspot.co.id/2014/09/hubungan-manajemen-dan-organisasi.html
https://amahabas.wordpress.com/diary/teori-organisasi-umum/tugas-1/tata-kerja/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar