Sabtu, 17 Oktober 2015

Tulisan 4 – Ungkapan Perkembangan Teknologi di Bidang Jaringan (Networking)

     Jaringan computer adalah sebuah system yang terdiri atas computer. Software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuannya antara lain sebagai berikut :
  • Berbagi sumber daya (Sharing Resource)
  • Komunikasi (Communication)
  • Akses informasi (Access Information)
    Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan computer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client)  dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan system client-server, dan digunakan pada hamper seluruh aplikasi jaringan computer.

Pengenalan Perangkat Keras Jaringan

    Perangkat keras jaringan adalah alat-alat yang digunakan untuk menghubungkan computer ke computer lainnya dalam jaringan lainnya untuk tujuan berbagi data, berbagi informasi dan juga berbagi peripheral dalam jaringan. Jadi hardware adalah kebalikan dari software atau perangkat lunak computer.
Adapun contoh atau macam-macam hardware, yaitu:
  • NIC (Network Interface Card)

  Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan computer dan juga menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.
  • Kabel Jaringan

    Kabel jaringan (UTP) adalah kabel yang menghubungkan antara computer ke computer, dari server ke switch dan lain-lain. Kegunaan kabel UTP adalah kabel yang dirancang khusus untuk menghantarkan tranmisi data dalam suatu jaringan computer.

Jenis Jaringan
           Didalam jaringan komputer, ada tiga macam jenis jaringan komputer, yaitu:
  v  Berdasarkan Skala
  •     WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu computer antar wilayah, kota atau bahkan Negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan computer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public.

  •     MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik atau instansi dan kantor pusat yang berada dalam jaunkauannya.

  •       LAN(Local Area Network) jaringan computer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
Perkembangan networking di indonesia
        Surat kabar, buku, radio dan telelvisi sudah merupakan bagian kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan bertambah canggihnya teknolgi mikroelektronika, fax dan komputer akan mengambil porsi yang cukup besar dalam dunia informasi di Indonesia. Lima tahun yang lalu, nomor telepon di perkantoran yang khusus digunakan untuk fax masih sangat langka. Saat ini, nomor telepon fax sudah merupakan hal yang lazim digunakan di perkantoran. Hal ini menunjukkan bahwa informasi memegang peranan dalam beberapa bidang penting, seperti bidang usaha, industri dan pendidikan.

              Contoh perusahaan yang menggunakan strategi  Networking dalam menjalankan bisninya adalah Oriflame. Oriflame adalah perusahaan yang menganut dua sistem, yaitu Direct Selling dan MLM (Multi Level Marketing). Jadi sebagai member kita harus mencari/merekrut orang untuk bergabung dan melakukan hal yang sama dengan kita (mengumpulkan poin dan melakukan perekrutan selanjutnya). Dalam hal ini dBC Network membantu kita dengan sistem autoresponder yang serba otomatis.

     Cara Online untuk mengajak orang bergabung dengan menggunakan media internet, misal di Facebook, Twitter, YM, email, blog, atau beriklan. Nah disinilah peran dBC Network, ketika ada prospek yang meminta informasi, maka sistem autoresponderakan secara otomatis memberikan informasi yang dikirimkan ke email prospek. Tapi saat promosi tetap harus berpegang pada ketentuan dBC Network.

Sumber : 

http://dedecisionmaker.blogspot.co.id/2013/04/contoh-perusahaan-yang-memakai-sistem.html

http://rizma.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/06/16/3/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar