Kamis, 22 Oktober 2015

BEKERJASAMA DALAM TEAM (KELOMPOK)

1. Pengertian dan Karakteristik Kelompok

Pengertian Kelompok
     Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka  saling bergantung dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, menyebabkan satu sama lain saling mempengaruh.

Karakteristik Kelompok
  • Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal maupun non verbal
  • Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain agar dapat diakui menjadi anggota suatu kelompok.
  • Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit
  • Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.
  • Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya
2. Tahapan Pembentukan Kelompok
       Model pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tackman (1965). Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah kosep ini dicetuskan.
  • Tahap 1 - Forming
       Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka belum saling mengenal dan belum saling percaya.
  • Tahap 2 - Storming
       Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi. mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka masing-masing. Pada beberapa kass, tahap storming cepat selesai.
  • Tahap 3 - Norming
       Terdapat kesepakatan dan konsensus atara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain sering dengan mereka melihat konstribusi masing-masing anggota untuk kelompok.
  • Tahap 4 - Performing
     Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa ada konflik yang tidak tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.
  • Tahap 5 - Adjourning dan Transforming
     Tahap dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja kembali pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.

3. Kekuatan Team Work
Teamwork atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok yang bertujuan untuk mencapai target yang sudah disepakati sebelumnya. Berikut poin-poin teamwork yang baik :
  • Teamwork adalah kerjasama dlm tim yang biasanya dibentuk dari beragamdivisi dan kepentingan.
  • Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
  • Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
  • Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, departemen harus disingkirkan.
  • Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.
  • Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.
  • Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi modal sukses bersama.
  • Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera terealisasi.
  • Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target bersama bermuara kemana?
  • Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target.
  • Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
  • Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
  • Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work
4. Implikasi Manajerial
  • Artikel ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi mengenai kerjasama dalam team (kelompok) atau team work.
  • Identifikasi mengenai berbagai permasalahan/kendala yang dihadapi dalam kerjasama dalam team (kelompok) atau team work.
  • Untuk dapat mengatasi kendala dalam kerjasama dalam team (kelompok) atau teamwork.

 Sumber :

http://melvinhutomo.blogspot.co.id/2015/06/bekerjasama-dalam-team-kelompok-atau.html

https://edigooners.wordpress.com/2015/04/02/bekerja-sama-dalam-kelompok/

http://www.slideshare.net/saiful_rohman/bekerja-sama-dalam-team-kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar